Pengumuman
Tidak terasa libur sekolah telah berlalu, sekarang waktunya kembali ke Sekolah dan menikmati serbuan pelajaran. Forum Matematika Online... Read More
MAKE MONEY on your PROFILE - ProfileDough.com
Soal Matematika Update
1. Soal Latihan Olimpiade Matematika SMA - Untuk Pemula part 32. Soal Latihan Olimpiade Matematika SMA - Untuk Pemula part 2
3. Soal Latihan Olimpiade Matematika SMA - Untuk Pemula part 1
4. Soal dan Pembahasan : Bab 1 – Bilangan Bulat part 3 (SMP kls 1)
5. Soal dan Pembahasan : Bab 1 – Bilangan Bulat part 2 (SMP kls 1)
Latest topics
User Yang Sedang Online
Total 3 uses online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 3 Tamu :: 1 BotTidak ada
User online terbanyak adalah 78 pada Tue Aug 01, 2017 9:58 am
Buku Tamu
Bagi Temen-Temen yang pengen Tukeran Link/Banner, silakan Anda Backlink saya duluan setelah itu tinggalkan pesan di Buku Tamu ini, kemudian saya akan segera Backlink atau memasang Banner Anda. Jangan Kuatir.ShoutMix chat widget
Our Partners
Pembelajaran Matematika Realistik
Forum Matematika Online | Free Download :: Alat Penunjang Matematika (Math Tools) :: Media Pembelajaran Matematika
Halaman 1 dari 1
Pembelajaran Matematika Realistik
Sejarah dan Landasan Filosofis Matematika Realistik
Anda ingin tahu lebih banyak tentang Media ini ? Silakan anda download informasi berikut ini :
>>> Pembelajaran Matematika Realistik
Pendidikan matematika realistik atau Realistic Mathematics Education (RME) mulai berkembang karena adanya keinginan meninjau kembali pendidikan matematika di Belanda yang dirasakan kurang bermakna bagi pebelajar. Gerakan ini mula-mula diprakarsai oleh Wijdeveld dan Goffre (1968) melalui proyek Wiskobas. Selanjutnya bentuk RME yang ada sampai sekarang sebagian besar ditentukan oleh pandangan Freudenthal (1977) tentang matematika. Menurut pandangannya matematika harus dikaitkan dengan kenyataan, dekat dengan pengalaman anak dan relevan terhadap
masyarakat, dengan tujuan menjadi bagian dari nilai kemanusiaan. Selain memandang matematika sebagai subyek yang ditransfer, Freudenthal menekankan ide matematika sebagai suatu kegiatan kemanusiaan. Pelajaran matematika harus memberikan kesempatan kepada pebelajar untuk “dibimbing” dan “menemukan kembali” matematika dengan melakukannya. Artinya dalam pendidikan matematika dengan sasaran utama matematika sebagai kegiatan dan bukan sistem tertutup. Jadi fokus pembelajaran matematika harus pada kegiatan bermatematika atau “matematisasi” (Freudental,1968).
Kemudian Treffers (1978, 1987) secara eksplisit merumuskan ide tersebut dalam 2 tipe matematisasi dalam konteks pendidikan, yaitu matematisasi horisontal dan vertikal. Pada matematisasi horizontal siswa diberi perkakas matematika yang dapat menolongnya menyusun dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Matematisasi vertikal di pihak lain merupakan proses reorganisasi dalam sistem matematis, misalnya menemukan hubungan langsung dari keterkaitan antar konsep-konsep dan strategi-strategi dan kemudian menerapkan temuan tersebut. Jadi matematisasi horisontal bertolak dari ranah nyata menuju ranah simbol, sedangkan matematisasi vertikal bergerak dalam ranah simbol. Kedua bentuk matematisasi ini sesungguhnya tidak berbeda maknanya dan sama nilainya (Freudenthal, 1991). Hal ini disebabkan oleh pemaknaan “realistik” yang berasal dari bahasa Belanda “realiseren” yang artinya bukan berhubungan dengan kenyataan, tetapi “membayangkan”. Kegiatan “membayangkan” ini ternyata akan lebih mudah dilakukan apabila bertolak dari dunia nyata, tetapi tidak selamanya harus melalui cara itu.
masyarakat, dengan tujuan menjadi bagian dari nilai kemanusiaan. Selain memandang matematika sebagai subyek yang ditransfer, Freudenthal menekankan ide matematika sebagai suatu kegiatan kemanusiaan. Pelajaran matematika harus memberikan kesempatan kepada pebelajar untuk “dibimbing” dan “menemukan kembali” matematika dengan melakukannya. Artinya dalam pendidikan matematika dengan sasaran utama matematika sebagai kegiatan dan bukan sistem tertutup. Jadi fokus pembelajaran matematika harus pada kegiatan bermatematika atau “matematisasi” (Freudental,1968).
Kemudian Treffers (1978, 1987) secara eksplisit merumuskan ide tersebut dalam 2 tipe matematisasi dalam konteks pendidikan, yaitu matematisasi horisontal dan vertikal. Pada matematisasi horizontal siswa diberi perkakas matematika yang dapat menolongnya menyusun dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Matematisasi vertikal di pihak lain merupakan proses reorganisasi dalam sistem matematis, misalnya menemukan hubungan langsung dari keterkaitan antar konsep-konsep dan strategi-strategi dan kemudian menerapkan temuan tersebut. Jadi matematisasi horisontal bertolak dari ranah nyata menuju ranah simbol, sedangkan matematisasi vertikal bergerak dalam ranah simbol. Kedua bentuk matematisasi ini sesungguhnya tidak berbeda maknanya dan sama nilainya (Freudenthal, 1991). Hal ini disebabkan oleh pemaknaan “realistik” yang berasal dari bahasa Belanda “realiseren” yang artinya bukan berhubungan dengan kenyataan, tetapi “membayangkan”. Kegiatan “membayangkan” ini ternyata akan lebih mudah dilakukan apabila bertolak dari dunia nyata, tetapi tidak selamanya harus melalui cara itu.
Anda ingin tahu lebih banyak tentang Media ini ? Silakan anda download informasi berikut ini :
>>> Pembelajaran Matematika Realistik
Similar topics
» Media Pembelajaran SMK
» Konsep Media Pembelajaran untuk siswa SD
» Salam Matematika
» Skripsi Matematika
» About Forum Matematika Online
» Konsep Media Pembelajaran untuk siswa SD
» Salam Matematika
» Skripsi Matematika
» About Forum Matematika Online
Forum Matematika Online | Free Download :: Alat Penunjang Matematika (Math Tools) :: Media Pembelajaran Matematika
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik
Mon Feb 09, 2015 7:59 pm by Wredha
» bantuin dong biar paham
Tue Feb 03, 2015 1:31 pm by akong
» matriks tolong bantuannya
Sat Feb 02, 2013 7:31 pm by mowokagiofanny
» bantuan untuk matriks kelas 1 smk
Sat Feb 02, 2013 7:23 pm by mowokagiofanny
» sobat minta solusi y....
Tue Oct 30, 2012 8:43 pm by jejen
» Mengetahui Bulan Lahir dan Umur Seseorang Lewat Trik Matematika
Thu Oct 25, 2012 8:30 pm by badrul ula
» gan minta bantuannya ya,,,,
Tue Sep 04, 2012 9:59 am by teguh
» Rumus Praktis Persamaan Kuadrat untuk SMA/SMK
Sun Jul 01, 2012 8:58 am by ayato
» Seminar Nasional Pendidikan Matematika
Wed Feb 22, 2012 8:35 pm by dwdwt